Pemanis Buatan yang Aman untuk Diabetes


 

Sebagai penderita diabetes, Diabestfriends harus menjaga dan membatasi jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Diabestfriends mungkin selalu mencari tahu makanan yang tidak meningkatkan kadar gula darah. Lalu, bagaimana dengan pemanis buatan yang aman untuk diabetes? 

 

Banyak sekali penderita diabetes yang bertanya jika pemanis buatan aman dan manakah yang paling baik untuk diabetes. Saat ini, sudah banyak pemanis buatan yang dijual. Kebanyakan pemanis buatan aman untuk diabetes serta bisa digunakan untuk mengurangi asupan kalori dan karbohidrat. Pemanis buatan juga bisa membantu memenuhi keinginan Diabestfriends untuk mengonsumsi yang manis-manis.

 

Pemanis buatan yang aman untuk diabetes terdapat di dalam minuman, kue, permen, yogurt, dan lainnya. Pemanis buatan yang aman untuk diabetes juga bisa dicampurkan ke dalam kopi, teh, atau lainnya. 

 

Namun, Diabestfriends harus ingat bahwa hanya dibutuhkan sedikit pemanis buatan untuk menambah rasa manis karena tingkat kemanisannya 100 kali lebih manis dari gula biasa.

 

Nah, saat ini ada enam pemanis buatan yang sudah dites dan disetujui oleh FDA. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan untuk mengonfirmasi pemanis buatan yang aman untuk diabetes ini.

 

Baca juga: Resep Labu Kuning untuk Diabetes, Enak dan Sehat

 

Pemanis Buatan yang Aman untuk Diabetes

Berikut pemanis buatan yang aman untuk diabetes. Namun, untuk banyak konsumsinya harus disesuaikan dengan batas aman dan kebutuhan:

 

1. Acesulfame-potassium (Ace-K)

Pemanis buatan ini biasanya dicampur dengan pemanis buatan lain yang rendah kalori. Ace-K stabil dalam suhu panas, sehingga baik untuk dijadikan sebagai bahan tambahan ketika membuat kue. Dalam minuman berkarbornasi, pemanis buatan yang aman untuk diabetes ini selalu digunakan bersama dengan pemanis lain.

 

2. Aspartame

Sudah ratusan penelitian yang menunjukkan keamanan aspartame. Pemanis buatan yang aman untuk diabetes ini merupakan sumber fenilalanin, bahan yang konsumsinya perlu dihindari penderita fenilketonuria. Aspartame tidak stabil dalam suhu panas, sehingga bukan pilihan terbaik untuk membuat kue atau memasak.

 

3. Neotame

Pemanis buatan yang aman untuk diabetes ini memliki rasa manis yang 7000 kali lipat lebih kuat ketimbang gula biasa. Neotame mengandung fenilalanin, namun karena jumlah yang dibutuhkan untuk mengonsumsi neotame hanya sedikit, kadarnya tidak banyak. Pemanis buatan ini umumnya digunakan oleh pabrik pengolahan makanan dan bisa digunakan di suhu panas untuk dimasak.

 

4. Sakarin

Pemanis buatan yang aman untuk diabetes ini memliki bentuk cair dan sudah digunakan lebih dari 100 tahun. Dahulu, ada isu bahwa sakarin bisa menyebabkan kanker kandung kemih. Namun, FDA telah membantah isu tersebut karena tidak ada buktinya pada manusia. Sakarin stabil dalam suhu panas dan merupakan pilihan yang baik untuk digunakan memasak serta membuat kue.

 

5. Stevia

Stevia adalah pemanis buatan yang aman untuk diabetes dan umumnya digunakan untuk menambah rasa manis di dalam minuman. Stevia bisa digunakan untuk membuat kue, namun Kamu harus pintar menyesuaikan takarannya.

 

6. Sukralosa

Sakarin dan sukralosa stabil dalam suhu panas dan merupakan yang paling mudah digunakan memasak dan membuat kue. Sukralosa tersedia dalam bentuk tablet atau campuran kue. 

 

Baca juga: Ada Gen Diabetes di Keluarga, Mulailah Ubah Gaya Hidup!

 

Menggunakan Pemanis Buatan untuk Memasak dan Membuat Kue

Di atas adalah deretan informasi tentang pemanis buatan yang aman untuk diabetes. Namun, Diabestfriends tetap harus membaca kemasan sebelum membeli pemanis buatan.

 

Coba lihat di kemasannya apakah ada instruksi spesifik tentang cara terbaik untuk menggunakan pemanis buatan tersebut sebagai pengganti gula. Berikut hal-hal yang perlu Diabestfriends ketahui tentang penggunaan pemanis buatan yang aman untuk diabetes:

  • Makanan yang dipanggang kemungkinan jadinya akan lebih muda warnanya karena kurangnya efek pewarna cokelat yang biasanya ada di gula asli.
  • Volume kue seperti muffin dan roti biasanya lebih kecil karena kurangnya kemampuan mengembangkan kue seperti yang ada di gula asli.
  • Kemungkinan ada sedikit kelainan sisa rasa dari makanan yang diolah menggunakan pemanis buatan. (UH)

 

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengelola Diabetes dengan Mudah!

 

 

Sumber:

Cleveland Clinic. Are Artificial Sweeteners Safe for People With Diabetes?. Juni 2015.

American Diabetes Association. Understanding Food Labels.

Tinggalkan komentar