Peneliti China Sebut Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Wuhan



Jakarta

Setelah melakukan penelitian genetik, para peneliti di China mengatakan bahwa sumber virus corona bukan berasal dari pasar di Wuhan, seperti dugaan sebelumnya.

Dikutip dari NHK, Xishuangbanna Tropical Botanical Garden dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok telah menganalisis data genetik dari 93 sampel virus di 12 negara. Hasilnya, virus yang ditemukan di pasar Wuhan itu berasal dari tempat lain.

Setelah itu, virus tersebut menyebar dengan cepat ke seluruh hewan dan manusia di pasar tersebut. Hal ini dibuktikan juga lewat waktu pasien yang berjatuhan.

Para peneliti menyimpulkan, virus COVID-19 menyebar dengan cepat dalam dua periode yaitu pada 8 Desember 2019 dan 6 Januari 2020. Sedangkan penularan antar manusia terjadi di awal Desember atau akhir November 2019 lalu.

Selain itu, peneliti juga menambahkan jika saja peringatan tentang penyebaran COVID-19 dilakukan lebih awal, infeksi penyakit ini akan mudah diatasi. Namun sayangnya, penyebarannya sudah meluas hingga ke beberapa negara di dunia.

Simak Video “WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Tinggalkan komentar