Penyebab Ibu Hamil Pingsan – GueSehat.com


Pasangan selebritas Andhika Pratama dan Ussy Sulistyawati sedang diselimuti kebahagiaan. Pasalnya, Ussy dikabarkan tengah mengandung buah hatinya yang kelima. Meski begitu, sang Suami agak khawatir dengan kondisi Ussy yang beberapa kali sempat pingsan dan kejang.

 

Walau sebelumnya sudah sempat diberitahu oleh dokter pribadi mereka bahwa kondisi Ussy adalah wajar terjadi pada ibu hamil, Andhika tetap bersikeras untuk langsung berkonsultasi dan menemui dokter kandungan Ussy.

 

“Mau cek kondisinya Ussy, karena dua malam berturut-turut, dia (Ussy) tiba-tiba pas malam, tanpa alasan yang jelas pingsan,” kata Andhika dalam kanal YouTube Ussy Andhika official.

 

Menurut Andhika, pingsan yang dialami oleh Ussy kedua kalinya agak lebih mengerikan, karena tubuh Ussy ketika itu menjadi kencang dan kaku. Rupanya, kondisi seperti ini tidak baru dialami Ussy pada kehamilannya yang kelima ini. Pada kehamilan Elea, anaknya yang ketiga, Ussy juga pernah mengalami hal serupa.

 

“Saya sih selama saya praktek 20 tahun lebih di kebidanan enggak pernah ada kasus yang apa-apa. Tapi kalau kejang, hati-hati kan, (kemungkinan) ada yang lain. Epilepsi atau apa,” kata dokter kandungan yang menangani kehamilan Ussy.

 

Baca juga: 6 Keluhan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil

 

Penyebab Ibu Hamil Pingsan Seperti yang Dialami Ussy Sulistyawati

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita mungkin mengalami pingsan ketika hamil, seperti yang dialami oleh Ussy Sulistyawati, di antaranya:

 

1. Perubahan hormon

Selama kehamilan, kondisi hormon memang menjadi sangat tidak stabil. Perubahan hormon ini, terutama hormon hCG atau yang dikenal sebagai hormon kehamilan, akan berlipat ganda kira-kira setiap 2 hari di awal kehamilan. Kondisi inilah yang akhirnya bisa membuat ibu hamil menjadi pusing hingga pingsan. Perubahan hormon lain seperti esterogen dan progesteron yang berfluktuasi juga menjadi pemicu lain wanita hamil mengalami pusing hingga pingsan.

 

2. Tidur dengan posisi yang salah

Pada trimester akhir, berhati-hatilah untuk tidur dalam posisi telentang. Ketika seorang wanita hamil berbaring dengan posisi telentang, berat bayinya akan menekan bagian vena cava. Vena cava adalah vena berukuran besar yang bertugas membawa darah dari jantung ke tubuh bagian bawah dan seluruh tubuh. Tekanan pada vena cava akan menimbulkan ketegangan dan membuat ibu merasa pusing hingga bisa pingsan.

 

3. Diet yang tidak seimbang

Kebanyakan wanita hamil berisiko memiliki kadar gula darah rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan konsumsi makanan yang bernutrisi. Kadar gula darah yang rendah bisa membuat ibu hamil mengalami gemetar, pusing, hingga pingsan.

 

4. Perubahan dalam sistem pembuluh darah

Selama hamil, pembuluh darah mungkin akan menjadi lebih lebar dan mungkin lebih rileks. Meski kondisi ini bertujuan untuk membantu meningkatkan aliran darah ke bayi, namun hal ini juga berisiko bagi Mums. Pasalnya, peningkatkan jumlah darah yang melalui pembuluh darah ini bisa memicu pusing atau pingsan.

 

5. Anemia

Beberapa wanita hamil berisiko mengalami anemia. Ini karena saat hamil, Mums akan menghasilkan lebih banyak darah untuk mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan bayi. Anemia bisa menyebabkan seseorang, termasuk Mums yang sedang hamil merasa pusing atau bahkan pingsan.

 

Baca juga: Waspada Anemia pada Ibu Hamil!

 

 

6. Asupan nutrisi yang kurang

Memastikan tubuh terhidrasi sangat penting bagi wanita yang sedang hamil. Selain itu, asupan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan. Kekurangan cairan ataupun asupan nutrisi dapat membuat tubuh menjadi lemas, pusing, bahkan pingsan.

 

7. Berdiri atau melakukan aktivitas berat terlalu lama

Berdiri atau melakukan aktivitas berat dalam waktu lama dapat mengganggu aliran darah ibu hamil. Ketika aliran darah tidak lancar, maka Mums bisa merasakan pusing atau mungkin pingsan.

 

Mengetahui dengan jelas apa penyebab pingsan selama hamil, bisa membantu penanganan yang tepat dan sesegera mungkin. Selain itu, untuk menghindari kondisi ini, pastikan agar Mums selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi, menjaga tubuh selalu terhidrasi, dan segeralah minta bantuan orang terdekat ketika merasa tidak nyaman atau pusing. (BAG)

 

Baca juga: Pemeriksaan yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

 

Sumber

Babygaga. “13 Reasons A Woman Might Faint During Pregnancy”. 

Tinggalkan komentar