Perbedaan Mendasar Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2


Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Keduanya termasuk penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengatur kadar gula atau glukosa dalam darah. Glukosa adalah bahan bakar yang memberi makan sel-sel tubuh, tetapi untuk memasuki sel, glukosa perlu kunci yang disebut I.

 

Orang dengan kondisi diabetes tipe 1 tidak bisa memproduksi insulin. Anggap saja mereka yang mengidap diabetes tipe 1 tidak memiliki kunci. Sedangkan orang dengan diabetes tipe 2 tidak merespons insulin sebagaimana mestinya dan penyakit ini sering tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup di dalam tubuh. Kamu bisa menganggap kondisi ini memiliki kunci yang rusak.

 

Kendati demikian, kedua jenis diabetes ini dapat menyebabkan masalah kesehatan berupa kadar gula darah tinggi yang cukup kronis. Dan, kondisi tersebut meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Selain itu, ada beberapa perbedaan mendasar di antara diabetes tipe 1 dan 2. Apa sajakah perbedaan itu? Berikut ulasannya.

 

1. Insulin 

Diabetes tipe 1 juga kerap disebut sebagai insulin-dependent diabetes (IDDM) atau juvenile-onset diabetes. Biasanya, masalah ini sudah dialami sejak masa kanak-kanak. Sedangkan diabetes tipe 2 biasa dikenal sebagai non-insulin dependent diabetes (NIDDM) atau adult-onset diabetes, yang umumnya dialami oleh orang dewasa. Namun, saat ini kasus diabetes tipe 2 pada anak-anak mulai banyak ditemukan akibat dari kelebihan berat badan atau obesitas.

 

2. Penyebab

Pada diabetes tipe 1, beta sel di pankreas diserang oleh sistem imun tubuh sendiri yang menyebabkan penurunan produksi insulin dan memicu peningkatan glukosa darah. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan kebiasaan konsumsi gula yang berlebihan, sehingga lama-kelamaan menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara normal dan kemudian memicu resistensi insulin.

3. Genetika

Pada sebagian besar kasus diabetes tipe 1, pasien sudah pasti mewarisi faktor risiko dari kedua orang tua. Sedangkan diabetes tipe 2 memiliki kaitan yang lebih kuat dengan riwayat keluarga dan garis keturunan daripada diabetes tipe 1.

 

4. Efek pada tubuh

Diabetes tipe 1 diperkirakan dipicu oleh penghancuran sel beta secara autoimun. Dampak yang mungkin ditimbulkan adalah infeksi virus, seperti penyakit gondok dan rubella. Sedangkan diabetes tipe 2 berhubungan dengan usia, gaya hidup yang pasif, pola makan, genetik, dan obesitas. Komplikasi yang mungkin muncul akibat diabetes tipe 2 adalah penyakit jantung, alzheimer, serta gangguan pada kulit dan pendengaran.

5. Pengaruh iklim

Diabetes tipe 1 berkembang lebih sering di daerah yang dingin dan bersalju daripada di daerah yang panas. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dengan vitamin D di bawah kadar normal, yang mana vitamin ini disintetis dari cahaya matahari.

 

6. Diet

Diabetes tipe 1 kurang umum terjadi pada orang yang mendapatkan ASI ketika masih kecil dan pada mereka yang pertama kali makan makanan padat pada usia lanjut. Sementara itu, diet tinggi gula sederhana dan rendah serat serta nutrisi merupakan faktor penyebab diabetes tipe 2.

 

Nah, itu tadi beberapa perbedaan antara diabetes tipe 1 dan 2. Walaupun terdapat beberapa perbedaan, keduanya adalah penyakit kronis yang memerlukan perawatan konsisten. Selain itu, Kamu harus mengusahakan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit diabetes. (AS)

Tinggalkan komentar