Perkembangan Anak 1 Tahun – GueSehat.com


Menantikan perkembangan si Kecil dari waktu ke waktu memang sangat menyenangkan ya, Mums. Apalagi ketika ia sudah mencapai usia pertamanya. Ya, menginjak usia 1 tahun, tentu ada banyak hal baru yang mengejutkan dari si Kecil. Ia juga mulai mengeksplorasi lingkungan sekitar yang membuatnya selalu bersemangat.

 

Meski begitu, tak bisa dipungkiri pula jika beberapa ‘keahlian’ barunya ini membuat Mums kewalahan dan bingung saat berhadapan dengannya. Melihat kondisi ini, Komunitas Birth Club September 2018 mengadakan sebuah mini talkshow bertemakan “How to Handle 1-Year-Old Toddler” bersama Trainer Hypnobirthing Indonesia, praktisi hypnobreastfeeding dan hypnoparenting, Fonda Kuswandi, pada 5 Oktober 2019 lalu.

 

Mini talkshow ini juga menjadi puncak dari sejumlah rangkaian acara ulang tahun Birth Club September 2018 yang pertama, setelah diskusi grup, kuliah WhatsApp, kopdar, talkshow, dan juga playdate.

 

Baca juga: Mums, Yuk Stimulasi Panca Indra Si Kecil dengan Cara Ini!

 

Siapkan Diri Menghadapi Si Kecil yang Sudah Berusia 1 Tahun

Mencapai usia 1 tahunnya, ada banyak hal yang perlu Mums persiapkan dan juga perhatikan. Pasalnya, di usia ini, si Kecil akan mengalami sejumlah perkembangan. Menurut Fonda, ada beberapa perkembangan yang akan dialami oleh si Kecil. Perkembangan tersebut meliputi perkembangan motorik dan kognitif.

 

Beberapa perkembangan motorik yang umumnya ditunjukkan oleh anak berusia 1 tahun antara lain:

– Mampu berdiri dan berjalan secara mandiri.

– Merangkak naik tangga.

– Berpegangan saat menaiki tangga.

– Membungkuk saat mengambil benda dan berdiri kembali dengan mantap.

– Dapat berlari, tetapi belum terlalu terkoordinir.

– Dapat menyusun 2-3 mainan balok.

 

Sedangkan perkembangan koginitif anak usia 1 tahun meliputi:

– Sudah mengerti instruksi sederhana.

– Dapat menyebutkan setidaknya 3 bagian tubuh.

– Mampu menunjukkan gambar pada buku.

 

Meskipun beberapa hal yang telah disebutkan di atas bukan menjadi patokan mutlak perkembangan anak di usia 1 tahun, hal-hal tersebut bisa membantu Mums dalam memantau perkembangan si Kecil.

 

“Pengecekan secara berkala diperlukan untuk memastikan perkembangan anak berjalan secara on track. Jadi, jangan sampai baru datang ke dokter atau tenaga ahli ketika perkembangan anak sudah bermasalah,” ujar Fonda.

 

Baca juga: Ini Cara Mengantisipasi Hambatan Berbicara pada Si Kecil

 

Birth Club September 2018 Rayakan Ulang Tahun Pertamanya

Layaknya anak-anak yang berusia 1 tahun, Birth Club September 2018 juga merayakan hari kelahirannya dengan meriah. Birth Club September 2018 sendiri merupakan sebuah komunitas orang tua dengan anak yang terlahir di bulan September 2018.

 

Hingga saat ini, komunitas yang terbentuk pada bulan Februari 2019 ini sudah memiliki sekitar 125 anggota yang aktif di beberapa jejaring sosial, seperti WhatsApp dan Instagram (@bcseptember18).

 

Sebagai komunitas yang mewadahi para orang tua, Birth Club September 2018 telah mengadakan sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengetahuan baru seputar pengasuhan anak. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain berupa diskusi grup, kuliah WhatsApp, kopdar, talkshow, dan juga playdate.

 

Pada tanggal 5 Oktober 2019 lalu, Birth Club September 2018 merayakan hari ulang tahun pertamanya dengan sangat meriah. Mengambil lokasi di sebuah Function Hall di daerah Jakarta, acara ulang tahun bertema “1st Septacular Beeday” ini berlangsung sejak pukul 10.00 dengan sejumlah rangkaian acara yang sangat seru, seperti dancing birthday, mini talkshow, games, dan tentu saja yang tidak boleh terlewatkan yaitu seremoni tiup lilin serta potong kue.

 

Acara ulang tahun yang diramaikan oleh seluruh anggota komunitas Birth Club September 2018 ditutup dengan pembagian hadiah dan juga doorprize menarik. Wah seru banget ya, Mums! (AS)

 

Baca juga: Perkenalkan Kesehatan Pada Si Kecil!

 

 

 

 

Tinggalkan komentar