Pilates Selama Hamil – GueSehat.com


 

Kabar kehamilan Shandy Aulia memang menjadi topik yang hangat diperbincangkan beberapa bulan lalu. Ya, setelah penantian yang panjang, kurang lebih selama 7,5 tahun pernikahannya bersama dengan David Herbowo, kini Shandy resmi menyandang predikat sebagai calon ibu.

 

Tak hanya menunjukkan perkembangan sang buah hati dalam kandungannya, di instagram pribadinya (@shandyaulia), wanita yang melejit dengan perannya sebagai Tita dalam film layar lebar Eiffel I’m In Love ini juga kerap membagikan foto dirinya saat melakukan pilates.

 

Baca juga: Mums, Coba Pijat Prenatal dan Pilates untuk Relaksasi Kehamilan!

 

Lakukan Pilates Selama Hamil, Warganet Khawatirkan Kondisi Shandy dan Janinnya

Sebelum hamil, Shandy memang termasuk sebagai salah satu aktris yang aktif melakukan olahraga pilates. Tidak heran jika selama kehamilannya ini, Shandy tetap melakukan kebiasaan sehatnya tersebut.

 

Dalam beberapa postingan instagramnya, Shandy tampak memperlihatkan dirinya tengah melakukan pilates. Contohnya saja dalam postingan berikut ini, Shandy menunjukkan salah satu gerakan pilates dan menyertakan caption “Starting fit during pregnancy. Let’s stretching my baby @shandydavidlittlejoy. A baby is a reason not an excuse!”

 

 

Dalam postingan berbeda, Shandy juga memperlihatkan gerakan pilates lain yang disebut sebagai swan position. Dalam captionnya, Shandy mengungkapkan bahwa gerakan tersebut dapat melatih otot rangka bagian belakang tubuhnya.

 

shandy_aulia_pilates_guesehat

 

Meski Shandy tampak santai dan baik saja saat melakukan pilates tersebut, nyatanya tak sedikit pula warganet yang justru merasa khawatir terhadap kondisi janin yang dikandung Shandy dan menuliskannya pada kolom komentar.

 

Sadar akan kekhawatiran-kekhawatiran tersebut, Shandy akhirnya menjelaskan kondisi kehamilan dan juga dirinya dalam postingan yang berbeda. Dalam caption postingan tersebut, Shandy menjelaskan bahwa kondisi setiap wanita hamil berbeda-beda. Maka itu, penting untuk mengenali kondisi diri sendiri dan melakukan olahraga yang tepat di bawah pantauan yang tepat pula.

 

Shandy memilih olahraga pilates ini, baik sebelum hingga selama kehamilan karena menurutnya olahraga tersebut dapat membuatnya merasa nyaman. Terlebih lagi ia juga selalu didampingi oleh pelatih yang profesional di bidangnya.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa berolahraga selama hamil sangatlah penting untuk dilakukan, selama olahraga yang dilakukan bukanlah olahraga ekstrem seperti panjat tebing atau lompat-lompat dengan guncangan yang kuat.

 

Bagi Shandy, menjalani kehamilan sama saja seperti menjalani kebiasaan sehari-hari dan mempelajari hal baru langsung dari sumbernya seperti dokter ataupun banyak membaca, bukan mempercayai mitos-mitos yang ada. Ini membuat dirinya dapat memahami dengan baik mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

 

Baca juga: Olahraga Dasar yang Mudah untuk Ibu Hamil

 

Pilates Selama Hamil, Boleh atau Tidak?

Banyaknya pro dan kontra dari warganet terhadap olahraga pilates yang dilakukan Shandy Aulia, tentu juga menimbulkan pertanyaan, apakah pilates ini sebenarnya diperbolehkan atau tidak selama kehamilan?

 

Pada dasarnya, pilates merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan kelenturan, kekuatan otot, dan minim benturan sehingga aman untuk dipraktikkan selama kehamilan.

 

Karena memfokuskan pada otot inti, melakukan olahraga pilates secara teratur dapat menjaga dan memperbaiki postur tubuh serta mengurangi sakit punggung yang umum dialami oleh ibu hamil. Bahkan, pilates juga dapat membantu proses persalinan nantinya.

 

Secara lebih rinci, berikut beberapa manfaat melakukan pilates selama hamil:

1. Memperkuat otot perut, sehingga dapat mengurangi ketegangan yang terjadi akibat berat bayi yang sedang bertumbuh dalam rahim.

2. Mengurangi nyeri punggung. Pilates membantu menguatkan otot perut yang menjaga kestabilan punggung dan panggul, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul selama kehamilan.

3. Menguatkan bagian dasar panggul. Gerakan pilates dapat membantu menguatkan dasar panggul yang menyokong usus, kandung kemih, dan rahim saat bayi mulai bertumbuh. Dasar panggul yang kuat sangat membantu Mums ketika melakukan dorongan saat proses persalinan nanti.

4. Meningkatkan keseimbangan tubuh. Latihan pilates memperkuat kerangka inti tubuh dan dapat membuat Mums lebih stabil ketika bergerak atau berjalan.

5. Meningkatkan mood dan energi Mums.

 

Wah, ternyata melakukan pilates selama kehamilan justru memiliki banyak manfaat, ya. Enggak heran deh kalau Shandy Aulia tetap rutin melakukannya. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kondisi diri dan pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada ahli, ya.

 

Adakah Mums yang juga aktif melakukan pilates selama kehamilan seperti Shandy Aulia? Yuk, coba bagikan pengalaman Mums saat melakukan di Forum Aplikasi Teman Bumil! (BAG)

 

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil

 

 

Sumber:

Baby Centre. “Pilates in pregnancy”.

Parents. “Is it safe to do Pilates while I’m pregnant?”.

The Bump. “Pilates During Pregnancy”.

Romper. “Here’s How Doing Pilates When Pregnant Can Help With Labor”.

 

 

Tinggalkan komentar