Putra Elvy Sukaesin Mengidap Gangguan Jiwa, Kenali Jenis-jenisnya



Jakarta – Haedar, putra penyanyi dangdut Elvy Sukaesih kembali dirawat di rumah sakit setelah mengamuk di salah satu warung rokok. Keluarga mengatakan, pria ini punya riwayat gangguan jiwa.

Jenis gangguan jiwanya tidak diketahui secara pasti, namun pihak keluarga mengatakan ia sudah sembuh.

Gangguan kejiwaan juga memiliki beberapa jenis. Menurut dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dokter ahli kesehatan jiwa Rumah Sakit Marzuki Mahdi Bogor, menentukan diagnosis seseorang harus melalui pemeriksaan.


“Untuk mengetahuinya, harus ada pemeriksaan oleh psikologi yang teliti, baru bisa menegaskan diagnosisnya itu apa,” katanya pada detikcom, Jumat (13/9/2019).

Berikut ini merupakan ciri dasar dari jenis-jenis gangguan kejiwaan pada seseorang.

1. Skizofrenia/psikosis

Ciri dasar pada jenis ini, muncul halusinasi dan delusi. Contohnya seperti mendengar bisikan, melihat ada bayangan, atau delusi merasa seperti orang-orang ingin berbuat jahat kepadanya. Tak hanya itu, terkadang penderita merasa dirinya orang yang hebat dan punya kekuatan.

2. Depresi

Biasanya orang yang depresi suka merasa sedih, murung, mudah menangis, mudah tersinggung, tidak bersemangat, kehilangan gairah hidup, hilang energi, sampai ada gangguan dalam pola makan dan tidur. Ciri yang paling berat, adalah muncul keinginan untuk bunuh diri atau mengakhiri hidupnya.

3. Bipolar

Bipolar bisa dicirikan dengan orang yang mood atau perasaannya berayun. Kadang merasa sangat senang yang berlebihan, tapi tiba-tiba bisa merasakan sedih ataupun marah. Perubahan mood ini menjadi ciri khas dari bipolar.

4. Gangguan cemas atau anxiety disorder

Penderita gangguan cemas ini biasanya merasakan rasa khawatir yang berlebihan terhadap sesuatu. Jantungnya berdebar lebih cepat, nafasnya pendek, suka mual, takut untuk melakukan ini dan itu. Penderita gangguan ini juga terkadang merasa takut akan kehilangan kontrol atau kendali yang berlebihan.

Simak Video “Terapi Seni, Solusi Alternatif bagi Pengidap Gangguan Jiwa
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Tinggalkan komentar