Saat Pasangan Menolak untuk Menggunakan Kondom


Beberapa pria sering kali menolak untuk menggunakan kondom. Padahal, penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penyakit menular seksual dan dapat mencegah kehamilan. Lantas, apa yang harus dilakukan saat pasangan menolak untuk menggunakan kondom?

 

Saat Pasangan Menolak untuk Menggunakan Kondom

Pasanganmu mungkin saja beralasan kalau menggunakan kondom membuat mereka tidak nyaman, sulit untuk ereksi, serta mengganggu sensitivitas saat berhubungan seks. Saat pasangan menolak untuk menggunakan kondom, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar seks aman, sehat, serta memuaskan!

 

1. Bicarakan dengan pasangan

Komunikasi dan membicarakan hal ini dengan pasangan merupakan hal yang penting. Tanyakan alasan ia tak ingin menggunakan kondom. Setelah itu, pastikan Kamu sudah siap memberikan respons terhadap jawaban yang ia ungkapkan. Usahakanlah untuk tidak ‘mengguruinya’ dengan mengatakan berbagai risiko yang mungkin terjadi saat berhubungan seks tanpa menggunakan kondom.

 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kondom, Salah Satunya Bisa Lumer akibat Lubrikan!

Banyak pria yang menganggap bahwa menggunakan kondom hanya mengurangi kenikmatan dalam berhubungan seks. Jika itu alasan pasangan menolak untuk menggunakan kondom, maka Kamu bisa mengatakan padanya kalau Kamu akan menikmati seks jika sepenuhnya merasa aman dan terlindungi.

 

Saat Kamu mempertanyakan pasangan yang menolak untuk menggunakan kondom, mungkin saja ia akan menganggap bahwa Kamu tidak mempercayainya. Nah, kalau pasangan mengatakan hal itu, Kamu juga bisa mengatakan bahwa kepercayaan dan rasa aman saat berhubungan seks adalah dua hal yang berbeda. 

 

Baca juga: Kamu Sudah Siap dengan Kondom Tertipis di Dunia? 

 

2. Temukan kondom yang tepat

Jika pasangan merasa tidak nyaman menggunakan kondom, mungkin karena ukuran yang kurang tepat. Oleh karena itu, mintalah pasangan menggunakan kondom dengan ukuran yang tepat untuknya. Selain itu, ada kondom dengan berbagai varian, sensasi, atau bahkan rasa yang tersedia di pasaran. Nah, Kamu dan pasangan bisa bereksplorasi dengan varian kondom tersebut. 

 

Beberapa pria mungkin mengalami kesulitan untuk mempertahankan ereksi saat menggunakan kondom. Hal ini bisa terjadi jika kondom yang digunakan kurang tepat, ada hubungannya dengan masalah psikologis, ataupun disfungsi ereksi. Jika mengganti kondom juga tidak menyelesaikan masalah, segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

 

Baca juga: 11 Kebiasaan Buruk yang Melenyapkan Gairah Seks dalam Pernikahan

3. Diskusikan tentang risiko Penyakit Menular Seksual

Usahakan untuk memberi tahu atau mengatakan seputar risiko seks tanpa kondom saat suasana hati pasangan sedang baik atau dengan cara yang menyenangkan. Jangan sampai Kamu mengatakan atau memberi tahunya dengan cara yang terlihat ‘menggurui’ atau seakan-akan ia sama sekali tidak tahu risikonya. 

 

Baca juga: Berani Berhubungan Seks di Tempat-tempat Tak Biasa Ini Seperti John Legend?

Jadi, saat pasangan menolak untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks, jangan lupa lakukan cara di atas ya Gengs! Oh iya, kalau Kamu punya masalah seputar kesehatan atau hal lain yang ingin ditanyakan pada ahli, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Tanya Dokter’ yang tersedia di aplikasi GueSehat khusus Android. Cobain yuk fiturnya sekarang!

 

 

Referensi: 

Bustle. 2015. What to Do When He Doesn’t Want to Wear a Condom, Because There Are Ways to Respond to the Lame Excuses Guys Give for not Wearing Them

Health. 2011. What to Do if Your Sex Partner Refuses to Wear a Condom

Last First Date. 7 Things You Can Do if Your Partner Refuses to Wear Condoms.

Tinggalkan komentar