Sakit kepala akibat rambut dikuncir


Pernahkah Kamu merasakan sakit kepala seperti ditarik? Tahukah Geng, banyak orang beranggapan kalau rambut yang dikuncir itu bisa jadi sumber sakit kepala. Kira-kira benar apa tidak ya? Walaupun terdengar aneh, tapi faktanya rambut yang dikuncir terlalu kencang atau terlalu lama memang dapat mencetuskan sakit kepala.

 

Wanita, dan kadang pria, memiliki kesukaan masing-masing untuk urusan gaya rambut. Wanita bahkan kadang pria membiarkan rambutnya tumbuh panjang. Namun konsekuensinya, saat bekerja, olah raga, atau hanya hangout bersama teman, rambut yang tergerai panjang kerap mengganggu. Solusinya hanya satu, menguncir atau mengikat rambut sekencang mungkin.

 

Menguncir rambut juga wajib dilakukan jika Kamu memiliki rambut panjang dan mengenakan jilbab, apa yang kamu lakukan pada rambut? Kuncir rambut sendiri memiliki banyak bentuk dan model. Kuncir kuda mungkin yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Rambut dikepang, juga termasuk bagian dari rambut yang diikiat.

 

Namun ternyata dengan gaya se-simple kuncir kuda pun tetap bisa menyebabkan sakit kepala. Bahkan ada istilah khusus untuk kondisi ini yaitu ponytail headache. Bahkan menurut suatu penelitian yang pernah dilakukan pada 93 responden perempuan, terdapat 50 orang yang mengalami sakit kepala saat kepala diikat terutama tepat di bagian ikatannya yang dapat menyebar ke area sekitarnya menjadi seperti tertarik.

 

Baca juga: Prosedur Hair Extension, Solusi Praktis Memanjangkan Rambut

 

Penyebab Sakit Kepala Karena Rambut Dikuncir

Semua rasa sakit pasti dimediasi oleh saraf. Tetapi bukankah rambut tidak punya saraf? Meskipun tidak ada saraf pada rambut yang dapat menghantarkan rasa sakit, tapi terdapat saraf yang sangat sensitif di dasar folikel rambut dan kulit kepala. Saat rambut yang dikuncir atau diikat memicu terlalu banyak sensasi meregang pada saraf-saraf tersebut secara bersamaan, maka terjadilah sakit kepala tersebut.

 

Ponytail headache termasuk dalam kategori External compression headache yang berarti sakit kepala disebabkan oleh tekanan dari luar kepala. Sakit kepala ini bila dibiarkan terus menerus dapat bertransformasi menjadi migrain.

 

Beberapa gejala sakit kepala akibat rambut dikuncir diantaranya adalah kepala terasa berdenyut pada salah satu atau kedua sisi kepala. Sakit akan diperparah dengan cahaya atau suara keras, kadang dapat disertai mual sampai muntah, dan mata berkunang-kunang.

 

Baca juga: Hubungan Seks Bisa Meredakan Gejala Migrain?

 

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Kepala Karena Rambut Dikuncir?

Sebenarnya cara mencegah sakit kepala karena rambut dikuncir ini cukup mudah. Jika Kamu perlu mengikat rambut untuk aktivitas seperti berolahraga atau bekerja, perhatikan lama Kamu mengikatnya. 

 

Disarankan Kamu melepaskan ikatan rambut setiap satu atau dua jam sekali atau setidaknya melonggarkan ikatannya untuk memberikan kesempatan saraf pada kulit kepala untuk pulih kembali dari rasa menegang yang terus menerus akibat ditarik. Jika Kamu rutin melepas ikatan secara berkala, diharapkan dapat mengurangi frekuensi sakit kepala akibat ikatan rambut tersebut.

 

Seandainya sakit kepala tetap terjadi, mungkin kamu harus mempertimbangkan gaya rambut lain, contohnya gaya kepang yang mengikat di dekat bagian akhir rambut, atau biarkan saja rambut panjang mu tergerai. Gaya rambut pendek juga bisa menjadi pilihan kamu sebagai alternatif bila tidak mau repot mengikat rambut.

 

Menghilangkan Sakit Kepala

Jika sakit kepala sudah terjadi, segera lepaskan pengikat rambut dan pijit lembut kulit kepala Kamu di tempat bekas ikatan dan sekitarnya. Sakit kepala akan berkurang dalam waktu kurang lebih satu jam. Namun bila sakit tetap berlanjut lebih dari satu jam, Kamu dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat anti nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol.

 

Seandainya konsumsi obat anti nyeri tetap tidak menimbulkan perbaikan dalam waktu tiga jam, mungkin saja sakit kepala Kamu tidak ada hubungannya dengan ikat rambut Kamu dan Kamu perlu ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Baca juga: Cuaca Dingin Picu Sakit Kepala

 

 

Referensi:

Kathryn W. 2018. Do Ponytails Cause Headaches? 

Blau N. 2004. Ponytail Headache: A Pure Extracranial Headache. Headache The Journal of Head and Face Pain 44(5):411-3 DOI: 10.1111/j.1526-4610.2004.04092.x

Tinggalkan komentar