Serba-Serbi Jerawat yang Wajib Diketahui


Jerawat, oh jerawat. Sulit dihindari dan selalu dialami oleh beberapa orang. Berbagai jenis obat sudah dicoba untuk mengusirnya. Ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Yang pasti, jerawat dapat merusak penampilan dan mengganggu rasa percaya diri. Hmm, sebenarnya apa sih serba-serbi jerawat yang wajib kita ketahui?

 

Ragam Jerawat

Apa pun bentuk dan ukurannya, jerawat selalu merusak kemulusan kulit. Ada jerawat yang bisa dihilangkan hanya dengan rajin merawat wajah menggunakan skincare yang mampu membantu menghilangkan jerawat. Namun, ada pula jerawat yang sulit hilang hingga membutuhkan pengobatan ke dokter kulit. Sekitar 80% remaja dan orang dewasa di dunia rentan terkena jerawat. Inilah beberapa jenis jerawat yang mengganggu kesehatan kulit dan cara mengatasinya!

 

1. Whiteheads (komedo putih)

Apa bedanya dengan komedo hitam yang biasa kita lihat lebih jelas di daerah sekitar hidung? Komedo ini berwarna putih dan lazim dikenal dengan komedo tertutup. Berbentuk bintik atau benjolan kecil, kulit di sekitar komedo putih biasanya tampak berwarna merah. Tidak enak dilihat memang, tetapi untungnya komedo putih tidak meninggalkan bekas begitu dibasmi, asalkan dengan cara yang tepat.

 

Baca juga: Ketahui Arti Jerawat yang Tumbuh di Wajah Anda

 

2. Blackheads (komedo hitam)

Nah, kalau yang ini komedo berwarna hitam. Ternyata, warnanya jadi hitam begitu komedo terbuka dan terpapar oleh udara. Jadinya, komedo tampak seperti bintik-bintik hitam kecil di sekitar hidung. Kadang, ada beberapa bintik hitam yang tampak sedikit lebih tinggi daripada bintik-bintik lainnya.

 

3. Pustula dan Papula

Komedo termasuk jerawat ringan, sementara yang lainnya termasuk jerawat yang berat karena meradang. Namanya adalah pustula dan papula. Pustula adalah jerawat berbentuk benjolan lebih besar dan lunak. Pusatnya melingkar dengan jelas.

 

Jika dipecahkan, dalamnya berisi nanah keputihan atau kekuningan. Bagian dasarnya berwarna merah atau merah muda. Pustula biasanya tampak seperti komedo putih yang membengkak lebih besar karena meradang.

 

Untuk papula, sekilas ia lebih mirip benjol daripada jerawat. Ini gara-gara papula terbentuk sebagai benjolan padat dan lunak di bawah permukaan kulit, berwarna merah muda, dan sedikit terangkat. Kulit luar di sekitar area ini juga tampak bengkak dan merah. Bagian tengah papula tidak jelas, tidak seperti komedo putih. Namun, papula tidak melebar. Papula juga jerawat yang membengkak karena radang.

 

Baca juga: Anak Juga Bisa Berjerawat, Kenali Yuk Tipe-tipenya!

 

4. Kista dan Nodul

Kata siapa kista hanya menyerang kandungan? Jerawat parah ini juga disebut demikian. Bentuknya sangat besar, lunak, dan terasa nyeri, dengan benjolan merah atau putih yang terletak agak jauh di dalam lapisan kulit. Isinya banyak nanah. Kista dapat menyebabkan komplikasi kulit, seperti jaringan parut.

 

Nodul juga berupa benjolan keras, menyakitkan, dan meradang yang terletak agak jauh di dalam kulit. Nodul seperti papula versi besar, tetapi tanpa bagian tengah yang jelas. Jerawat jenis ini berkembang karena pori-pori tersumbat, sehingga merusak jaringan dan sel-sel di bawah permukaan kulit. Akibatnya, penderita bisa mengalami komplikasi kulit berupa bintik hitam atau jaringan parut.

 

Perawatan untuk Komedo Hitam dan Putih

Banyak obat pembersih kulit, pelembap, maupun krim di apotek untuk mengatasi jerawat yang tidak sampai meradang. Beberapa contoh obat untuk mengatasi komedo (baik hitam maupun putih) adalah:

  • Benzoyl peroxide.
  • Salicylic acid.
  • Sulfur

 

Baca juga: Jerawat di Penis, Apakah Berbahaya? 

 

Selain itu, perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan komedo berupa:

  • Mencuci muka dengan air hangat dan sabun 2 kali sehari.
  • Mandi 2 kali sehari.
  • Mengurangi stres.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
  • Tetap terhidrasi, yakni lebih banyak minum air putih.
  • Jangan berlebihan mencuci muka atau terlalu kasar saat menggosok kulit hingga iritasi.
  • Pakai tabir surya dan kurangi paparan sinar matahari langsung ke kulit.

  

Perawatan untuk Pustula dan Papula

Selain obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, beberapa perawatan untuk menangani pustula dan papula juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Beberapa contohnya:

  • Membersihkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan air dingin dan sabun.
  • Setiap kali menyentuh wajah, terutama di daerah yang berjerawat, pastikan tangan bersih. Bila tidak, gunakan kain yang lembut 2 kali sehari untuk membersihkan kulit.
  • Untuk produk skincare pembersih wajah, gunakan yang berbahan asam salisilat untuk mengangkat kulit mati dan kotoran lainnya.

 

Perawatan untuk Jerawat Kista dan Nodul

Sayangnya, untuk perawatan dua jenis jerawat ini Geng Sehat tidak bisa melakukannya sendiri. Dengan bantuan dokter, kista dan nodul dapat disingkirkan lewat antibiotik khusus atau tindakan khusus. Diskusikan dengan dokter untuk tindakan medis tertentu yang diperlukan.

 

Nah, itulah serba-serbi jerawat yang wajib diketahui, biar enggak salah menanganinya. (AS)

 

Baca juga: Ikuti 5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Ini, Yuk!

 

Sumber

Medical News Today: What type of acne do I have?

Liputan6.com: 5 Serba-Serbi Seputar Jerawat dan Cara Mengatasinya

Healthline: Types of Acne and How to Treat Them

Kawaii Beauty Japan: Wajib Tahu! 10 Serba Serbi tentang Jerawat Ini Rupanya Hanyalah Mitos

Tinggalkan komentar