Soal Desy Nurhakiki Meninggal di Usia Muda, Ini Kata Dokter Jantung



Jakarta – Beberapa hari belakangan, nama Desy Nurhakiki dicari banyak warganet. Penyebabnya lantaran adanya informasi mengenai kematian gadis yang masih berusia 25 tahun tersebut.

Dugaan, Desy yang juga seorang selebgram meninggal karena serangan jantung. Lewat kesaksian anggota keluarga, Dessy meninggal setelah mengalami kejang-kejang di mobil bersama teman-temannya.

Serangan jantung memang salah satu penyakit yang bisa menyebabkan seseorang meninggal secara mendadak. Meski demikian, pada wanita muda kemungkinan meninggal akibat serangan jantung cukup jarang terjadi.

“Sangat amat kecil kemungkinan serangan jantung pada perempuan usia muda yang masih menstruasi normal,” sebut spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, saat dihubungi detikcom, Minggu (8/12/2019).
“Tapi memang perempuan usia muda menderita serangan jantung bukannya tidak mungkin. Masih mungkin hanya sangat jarang,” sambungnya.

Sangat amat kecil kemungkinan serangan jantung pada perempuan usia muda yang masih menstruasi normal dr Vito A Damay, SpJP – Dokter Jantung

Pada wanita muda yang masih mengalami menstruasi lancar, kasus serangan jantung memang relatif jarang karena wanita terlindungi oleh hormon estorgen. Hormon estorgen pada perempuan disebut mampu melindungi endotel pembuh darah dari proses aterosklerosis yang menjadi cikal bakal serangan jantung di kemudian hari.

“Namun hormon estorgen ini tentu tidak bisa melindungi sepenuhnya jika perempuan muda merokok atau mengalami diabetes tidak terkontrol,” pungkas dr Vito.

Simak Video “RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

Tinggalkan komentar