Sudah Ada BPJS Kok Masih Banyak ‘Twitter Please Do Your Magic’, Kenapa?



Jakarta – Media sosial kerap diramaikan penggalangan dana untuk pengobatan, kadang-kadang disertai ungkapan pengharapan seperti “Twitter please do your magic!” Serupa dengan gerakan ini, seorang selebgram baru-baru ini juga menggalang dana untuk pengobatan saraf kejepit yang dialaminya.

Meski ada juga yang membantu hingga terkumpul dana puluhan juta rupiah, tak sedikit juga yang mem-bully gerakan tersebut. Sebagian warganet menilai penggalanan dana kerap dilakukan oleh kelompok yang sebenarnya punya kemampuan ekonomi.

Ada juga yang menyesalkan, kenapa tidak memanfaatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan? Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf memberikan komentar singkat soal fenomena ini.

“Kan kita menghormati hak orang. Dia mau menentukan apa tentang dirinya itu kan tergantung dia. Cuman yang perlu kita ingatkan ada program pemerintah yang berkontribusi membayari untuk mereka yang tidak mampu,” kata Iqbal, saat dijumpai di Kantor PB IDI, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

Menurut Iqbal, masyarakat dibebaskan untuk memilih metode pembayaran pengobatannya baik BPJS Kesehatan atau lainnya. Namun ia menekankan jika merasa tidak mampu membayar iuran, opsi peserta PBI sangat terbuka untuk masyarakat.

“Kalau ndak pengen (berobat pakai) bpjs ndak papa. Tapi kalau nggak punya dan pas sakit baru minta sumbangan, ya makanya kita dorong untuk daftar. Kalau tidak mampu, di data (untuk) terima PBI. memang kadang orang menyangsikan tapi bisa,” jelasnya.

Soal menggalang dana lewat platform sosial, menurutnya kembali ke persoalan masing-masing. Semua orang punya kepentingan berbeda dan bukan ranah BPJS Kesehatan untuk mengomentari hal tersebut.

“Itu kan terserah saja, itu kan hak masing-masing orang. Ndak boleh dong mengomentari orang. Memang kadang aku mengamati, kadang orang menjual kesakitan itu, tapi kan kita nggak bisa menghakimi,” pungkas Iqbal.

Simak Video “Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara ‘Pakai’ Joker
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

Tinggalkan komentar