Tips Memulai Olahraga – GueSehat


Apakah salah satu resolusi Kamu di 2020 adalah memulai berolahraga Gengs? Berolahraga secara teratur memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, menjalankannya tidak semudah mengucapkan janji. Sering kali kita malas untuk memulainya. Apalagi selama bertahun-tahun Kamu hampir tidak pernah berolahraga.

 

Lantas, bagaimana sih caranya agar tidak malas gerak atau mager lagi?

 

Tips Memulai Olahraga bagi Kamu yang Mager

Memulai olahraga secara teratur apalagi di tengah rutinitas memang membutuhkan niat dan tekad yang kuat nih, Gengs. Intip tips memulai olahraga bagi Kamu yang mager berikut ini dan langsung diterapkan!

 

1. Periksa terlebih dahulu kondisi kesehatanmu

Penting banget lho Gengs melakukan pemeriksaan mengenai kondisi kesehatanmu sebelum mulai berolahraga secara rutin, apalagi bagi Kamu yang terbiasa mager dan tidak pernah melakukan aktivitas fisik apapun. Hal ini juga dilakukan untuk membantu mengoptimalkan aktivitas fisik yang Kamu lakukan serta menyusun rencana olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu. 

 

2. Buat rencana dan tetapkan tujuan yang realistis

Setelah menjalani pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan memberikan pilihan berbagai pilihan aktivitas fisik yang sesuai untuk Kamu. Setelah itu, buatlah rencana aktivitas fisik yang ingin dilakukan, langkah-langkah yang harus dilakukan, serta tujuan yang ingin dicapai. Namun, ingat ya tujuannya harus realistis. 

 

Misalnya, tujuan Kamu ingin bisa menyelesaikan lari lima kilometer, maka Kamu sebaiknya membuat rencana lari dengan jarak yang pendek terlebih dahulu. Setelah berhasil menyelesaikan tujuan di minggu pertama, tambah lagi jaraknya di minggu kedua, dan seperti itu seterusnya. 

 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga?

 

3. Buat menjadi kebiasaan

Salah satu cara agar Kamu tidak mager lagi untuk mulai berolahraga ialah dengan menjadikannya kebiasaan. Cobalah untuk membuat jadwal olahraga pada waktu yang sama dan lakukanlah setiap hari hingga akhirnya Kamu terbiasa untuk berolahraga. Misalnya, lari setiap pulang kerja setiap hari. 

 

4. Usahakan untuk tetap terhidrasi

Mungkin karena semangat, Kamu lupa aturan penting saat berolahraga: minum air putih yang cukup. Ini penting untuk menjaga kita agar tetap terhidrasi. Usahakan untuk minum air putih saat ataupun setelah latihan, apalagi jika berolahraga atau lari di suhu yang panas. 

 

5. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pastikan Kamu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal ini tentu untuk mendukung dan membuat Kamu menjadi lebih bugar, Gengs. Semua golongan makanan penting untuk memaksimalkan latihan. Karbohidrat misalnya penting untuk mengisi kembali cadangan glikogen dan membantu penyerapan asam amino dalam otot selama pemulihan. 

Protein juga penting untuk meningkatkan pemulihan otot setelah berolahraga, memperbaiki kerusakan jaringan, dan membangun massa otot. Selain itu, lemak sehat juga perlu sebagai bahan bakar otot selama latihan dan mempertahankan energi selama Kamu latihan. 

 

Baca juga: Olahraga di Malam Hari, Kenapa Tidak?

 

6. Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan

Penting banget lho Gengs untuk melakukan pemanasan sebelum latihan. Hal ini dilakukan tentunya untuk mencegah cedera, meningkatkan fleksibilitas, serta mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Kalau Kamu ingin rutin berlari misalnya, usahakan untuk berjalan dulu sebagai pemanasan. 

 

Pendinginan penting untuk membantu mengembalikan tubuh dalam keadaan normal serta untuk mengurangi kemungkinan nyeri otot. Kamu juga bisa melakukan jalan santai setelah latihan aerobik misalnya sebagai pendinginan. 

 

7. Ikut komunitas atau ajak teman

Berolahraga sendirian tentu malas dan membuat Kamu semakin mager. Untuk memulai olahraga, coba masuk ke komunitas olahraga, misalnya komunitas lari bersama teman-temanmu. Atau Kamu bisa ikut kelas-kelas olahraga untuk pemula.  

 

Baca juga: Penanganan Akurat Cedera Bahu dan Kaki Akibat Olahraga

Itulah ketujuh tips memulai olahraga bagi Kamu yang mager. Namun, Kamu juga perlu memperhatikan tubuh Kamu sendiri. Misalnya, hentikan berolahraga jika Kamu merasa tidak nyaman. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko. Jadi, selamat mulai berolahraga Gengs!

 

 

Sumber: 

Healthline. 2017. How to start exercising: a beginner’s guide to working out

Real Simple. 2019. How to start working out (If you basically haven’t moved yet).

Tinggalkan komentar