Tips Menghadapi Hari Pertama Sekolah untuk Anak Usia 4 – 5 Tahun


Si Kecil sudah berusia 4-5 tahun dan akan masuk TK. Bagaimana mempersiapkan hari pertamanya di sekolah? Pastinya tidak mudah. Yang tadinya terbiasa banyak bermain di rumah, kini harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Bertemu guru, teman-teman sekelas, dan wajah-wajah baru lainnya pasti akan membuatnya cemas.

 

Yang pasti, anak akan lebih cemas lagi bila harus berpisah dengan Mums. Memang hanya beberapa jam saja, sih. Namun, tetap saja ada rasa tidak aman bagi mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, inilah 5 tips menghadapi hari pertama sekolah untuk anak usia empat hingga lima tahun!

 

 

  • Ciptakan rutinitas baru seminggu sebelum hari pertama sekolah

 

Mulailah membuat jadwal tidur dan bangun pagi yang teratur seminggu sebelum sekolah si Kecil dimulai. Misalnya, bila sebelumnya anak dibiarkan nonton TV hingga pukul 8 malam, mulailah mengajaknya untuk tidur lebih awal. Lakukan secara bertahap agar anak terbiasa tanpa terpaksa.

 

Pelan-pelan, majukan jam tidur sekitar 15 hingga 30 menit dari waktu biasa selama belum bersekolah. Begitu pula dengan jam bangun paginya. Jadi, si Kecil tidak akan kaget lagi dengan rutinitas ini.

 

Baca juga: Tips untuk Mengatasi Anak yang Mogok Sekolah

 

 

 

Biasanya, anak butuh waktu untuk mengenal dan menyukai sesuatu yang baginya terasa baru. Selain mulai membiasakan si Kecil dengan rutinitas waktu tidur dan bangun pagi yang baru, seminggu sebelum sekolah juga bisa diisi dengan mengajaknya mengunjungi sekolah.

 

Selain menunjukkan kelas barunya nanti, Mums juga bisa mengenalkan si Kecil dengan gurunya. Ceritakan juga kegiatan-kegiatan seru yang nantinya bisa dilakukan anak saat mulai bersekolah, seperti bermain bersama teman-teman sebaya, menggambar, menyanyi, dan menari. Jadi, anak akan lebih punya bayangan yang menyenangkan mengenai sekolahnya sebelum masuk.

 

 

  • Ajak mencoba seragam sekolah

 

Selain mengenalkan anak dengan sekolah, jangan lupa ajak anak untuk mencoba seragam sekolahnya. Baju baru biasanya membuat anak tertarik untuk memakainya. Jangan lupa foto anak saat memakai baju seragam sekolahnya. Hal ini akan membantu anak melewati transisi psikologis dari kehidupan di rumah ke sekolah.

 

Baca juga: Si Kecil Jadi Korban Bullying di Sekolah? Ini yang Harus Dilakukan!

 

 

  • Ajak mempersiapkan perlengkapan sekolahnya

 

Jangan menunggu sampai anak sudah cukup besar untuk memahami tanggung jawab. Justru, sedini mungkin ia harus dilatih, Mums. Selain perkenalan sekolah dan mencoba seragam baru, ajak juga si Kecil untuk mempersiapkan perlengkapan sekolah.

 

Biarkan anak memilih sendiri buku tulis, alat-alat tulis, tas, perlengkapan gambar, dan lain sebagainya. Agar lebih bertanggung jawab dengan barang-barang miliknya sendiri, ajak ia untuk belajar mempersiapkan perlengkapan sekolah di malam hari.

 

 

  • Temani di hari pertama sekolah

 

Nah, ini juga tergantung karakter si Kecil. Bila termasuk tipe mandiri, mungkin Mums hanya mengantarkan anak sampai gerbang atau menunggu di luar kelas. Bila anak tampak baik-baik saja dengan gurunya, usahakan agak menahan diri, Mums. Biarkan anak mulai belajar membiasakan diri dengan situasi di sekolah.

 

Bila si Kecil mulai menangis, tunggulah dari jauh dan biarkan guru mengatasi masalah tersebut. Bila ternyata anak tampak belum siap, bolehlah menemaninya selama hari pertama berlangsung.

 

Namun, jangan lupa juga bahwa tujuan bersekolah adalah sekalian mengajarkan anak tentang kemandirian. Yakinkan si Kecil bahwa sekolah merupakan tempat yang menyenangkan. Bujuk ia agar mau bermain bersama teman sekelasnya.

 

Baca juga: Tips Menyiapkan Anak Pergi ke Sekolah Tanpa Drama

 

Itulah tips menghadapi hari pertama sekolah untuk anak usia 4-5 tahun. Semoga si Kecil betah di sekolah ya, Mums! (AS)

 

 

 

Sumber:

Scholastic. 8 Tips to Prepare First Days School.

Today.com. Things Your Kid Needs Know Kindergarten.

Tinggalkan komentar