Tips Praktis Mengonsumsi Jamu – GueSehat.com


Berbicara mengenai jamu, tentu sangat sulit ya dipisahkan dengan kebudayaan Indonesia. Yup, jamu merupakan ramuan tradisional yang sudah dikenal secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengakui kehebatan jamu untuk menjaga dirinya tetap bugar.

 

Hal ini diungkapkan Jokowi dalam video yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya, @jokowi. Jokowi mengaku telah meminum jamu sejak 17 tahun yang lalu. “Ingin tahu bagaimana saya menjaga kebugaran tubuh? Tak ada rahasia, tidak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata,” kata Jokowi. 

 

Nah, kira-kira Geng Sehat penasaran enggak sih apa saja manfaat 3 bahan dasar alami yang kerap digunakan dalam jamu, yakni temulawak, jahe, dan kunyit? Berikut uraiannya!

 

Baca juga: Jamu, Obat atau Bukan?

 

1. Temulawak

Tumbuhan herbal yang memiliki nama Latin Curcuma zanthorrhiza ini sangat mirip dengan kunyit. Bedanya, daging temulawak berwarna kuning pudar, sedangkan kunyit memiliki warna lebih pekat atau oranye kemerahan.

Berdasarkan jurnal terkait nutrisi yang diterbitkan oleh Asian Network for Scientific Information 2016, senyawa dalam temulawak mengandung antioksidan, yang mampu mencegah dan menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit kanker. Selain itu, ada sejumlah manfaat lain dari temulawak, di antaranya:

 

– Mengatasi masalah sistem pencernaan, seperti melancarkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, hingga membantu penyembuhan organ pencernaan.

– Mengatasi peradangan di dalam tubuh, seperti peradangan sendi.

– Sebagai obat diuretik untuk membantu mengurangi kelebihan cairan dalam pembuluh darah penyebab berbagai penyakit pada jantung, hati, dan ginjal.

– Mengandung senyawa yang dapat menghancurkan bakteri dan jamur dalam tubuh.

 

2. Jahe

Tumbuhan yang memiliki aroma kuat dan khas ini lebih sering dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Padahal, masih banyak khasiat Jahe yang mungkin belum banyak kita tahu, lho. Paulina Medical Clinic dalam jurnalnya tentang jahe menyebutkan beberapa khasiat dari tanaman yang satu ini:

 

– Meredakan nyeri otot, baik nyeri sehabis berolahraga hingga nyeri akibat menstruasi.

– Mempercepat penyembuhan sehabis operasi dan terapi kanker.

– Membantu meredakan mual selama proses kehamilan.

– Membantu proses detoksifikasi atau proses penghancuran racun dan bakteri yang menjadi sumber berbagai penyakit dalam tubuh.

– Membantu menurunkan berat badan karena dapat membuat merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan.

 

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Penderita Diabetes Melitus

 

3Kunyit

Umumnya, kunyit lebih sering ditemukan dalam campuran makanan yang menggunakan rempah-rempah. Selain bentuknya, kunyit juga memiliki khasiat yang hampir serupa dengan temulawak. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry menyebutkan sejumlah khasiat dari kunyit, yaitu:

 

– Dapat menyeimbangkan mood dan mempercepat penyembuhan luka atau iritasi. 

– Mencegah dan mengobati peradangan sel dan masalah persendian.

– Menyeimbangkan gula darah dan kolesterol.

– Membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

– Meredakan nyeri haid atau menstruasi dan perut mual.

Yuk, Nikmati Jamu dengan Cara yang Praktis

Meski jamu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, beberapa orang menganggap bahwa proses peracikannya tidaklah mudah. Ditambah lagi, saat ini penjual jamu keliling juga sudah sulit ditemukan. Alhasil, keinginan untuk menikmati jamu pun akhirnya harus diurungkan begitu saja.

 

Nah, jika Kamu adalah salah satu yang ingin menikmati jamu, tetapi tidak mau ribet, tenang saja karena sudah ada solusinya, kok. Kamu tetap bisa merasakan khasiat dari ramuan jamu dengan cara yang lebih praktis, nih. Caranya dengan mengonsumsi jamu bubuk Herbilogy Temulawak Extract Powder atau Herbilogy Jahe Merah Extract Powder. Hanya perlu diseduh dengan air hangat, jamu pun bisa langsung siap diminum.

 

Lalu, untuk Kamu yang tidak suka rasa pahit tetapi tetap ingin mendapat khasiat dari bahan-bahan alami tersebut, tidak perlu khawatir. Kamu juga bisa mengonsumsi jamu dalam bentuk kapsul, seperti Herbana Temulawak, Herbana Kunyit, dan Herbana Jahe Merah.

 

Jamu-jamu praktis tersebut bisa Kamu dapatkan dengan mudah di Jagapati.com. Kamu hanya perlu pesan lewat smartphone dan menjadi bugar! Bagaimana, Gengs? Praktis, kan? Yuk, minum jamu! (AS)

BetterLifeStyle #SehatItuMudah

 

Baca juga: Beberapa Interaksi Antara Obat dan Jamu yang Perlu Kamu Tahu!

 

 

 

Tinggalkan komentar