Tips untuk Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah


Si kecil tiba-tiba mogok sekolah? Waduh, ada apa ini ya, Mums? Sebaiknya sih jangan langsung dimarahi dan dipaksa tetap sekolah. Apalagi bila sebelumnya anak tampak baik-baik saja. Penyebabnya belum tentu karena anak malas. Bisa jadi ada beberapa faktor lain yang membuatnya mendadak enggan bersekolah.

 

Kemungkinan Anak Tidak Mau Bersekolah

Bila si Kecil tadinya bersemangat sekolah tiba-tiba berubah, cobalah mencari tahu dulu penyebabnya. Namun, jangan mencari tahu dengan cara menginterogasi anak. Apalagi bila si Kecil termasuk anak yang pemalu. Anak cenderung enggan bercerita jujur saat merasa tertekan. Bila memaksa mereka untuk bercerita, yang ada malah semakin bungkam.

 

 

Ajaklah mengobrol dengan santai dan hindari nada marah. Mungkin anak tidak akan langsung bercerita. Namun, bila Mums dan Dads tahu cara membuat anak merasa aman dan nyaman, mereka akan terbuka dengan sendirinya, walaupun secara bertahap.

 

 

Sambil mencari tahu, inilah beberapa kemungkinan anak tidak mau bersekolah menurut data yang dikumpulkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) dan American Academy of Family Physicians (AAFP):

  • Sering dirundung oleh anak-anak lain dengan panggilan yang menyakiti hati.
  • Takut gagal atau mendapatkan nilai jelek.
  • Sering diancam secara fisik oleh anak-anak lain.
  • Sering dirisak, disakiti secara fisik oleh anak-anak lain.
  • Rasa cemas berlebihan saat harus menggunakan fasilitas umum di sekolah, misalnya saat ke toilet.
  • Perubahan drastis yang terjadi di rumah, seperti perceraian, ada anggota keluarga yang meninggal, hingga kehilangan hewan peliharaan kesayangan.

 

 

Jika ada kekhawatiran kalau si Kecil dirundung secara fisik oleh anak-anak lain di sekolah, ajaklah ke dokter untuk diperiksa. Dari sana, Mums bisa memutuskan tindakan selanjutnya, seperti melapor kepada pihak sekolah untuk mediasi lebih lanjut.

 

Baca juga: Ajarkan Anak 5 Kebiasaan Hidup Sehat Ini di Sekolah!

 

 

Bila Ternyata Anak Hanya Bosan

Jangankan anak, orang dewasa saja bisa bosan ke kantor dan melakukan kegiatan yang sama terus setiap hari. Bedanya, orang dewasa mengerti akan tanggung jawab. Mau tidak mau, mereka harus mengatasi kebosanan tersebut.

 

Jangan langsung marah dulu bila anak jujur soal perasaannya tentang kegiatan sekolah. Berilah pengertian bahwa banyak hal baik yang bisa didapatkannya di sekolah yang berbeda dengan di rumah, misalnya bermain dengan teman-temannya. Lagipula, toh di rumah anak juga lama-lama akan bosan.

 

Agar anak mau kembali bersemangat bersekolah, Mums bisa mencoba beberapa tips di bawah ini!

 

  1. Tunjukkan bahwa Mums dan Dads dulu juga bersekolah

Tidak perlu yang berat-berat, Mums. Mums dan Dads bisa tunjukkan foto-foto semasa Mums bersekolah dulu kepada si Kecil. Katakan bahwa dulu Mums dan Dads juga harus sekolah. Meskipun ada masa-masa tidak menyenangkan, Mums dan Dads bisa menyelesaikan sekolah.

 

  1. Temani anak ke sekolah untuk sementara waktu

Mungkin ada sesuatu yang mengganggu si Kecil, baik di rumah maupun di sekolah. Misalnya, bila anak punya teman yang orang tuanya baru saja meninggal, mungkin ada ketakutan bahwa anak akan kehilangan Mums dan Dads juga. Temanilah anak untuk sementara waktu hingga ia berhasil menghilangkan rasa takutnya.

 

  1. Mintalah anak untuk menceritakan hal menyenangkan di sekolah

Pastilah ada setidaknya satu atau dua hal menyenangkan di sekolah bagi anak. Misalnya, ia punya satu atau dua orang sahabat di kelas. Bila sedang mogok sekolah, bujuklah dengan mengatakan, “’Kan di sekolah ada teman-teman main kamu. Kalian bisa bermain bersama.”

 

Baca juga: Tanda si Kecil mengalami Bully di Sekolah!

 

  1. Meminta bantuan wali kelas

Mums dan Dads memang tidak akan bisa selalu mengawasi si Kecil selama berada di sekolah. Lagipula, justru sekolah adalah tempat bagi si Kecil untuk belajar mandiri. Untuk itu, jadikan wali kelas sebagai “mata-mata” andalan untuk memonitor keseharian si Kecil. Bila anak-anak lain sebagai perundung yang menjadi penyebab, saatnya berkoordinasi dengan wali kelas, orang tua anak-anak yang merundung, hingga dokter dan terapis anak bila dibutuhkan.

 

  1. Tawarkan hadiah di akhir pekan.

Mungkin ini cara terakhir bila si Kecil ternyata hanya bosan sekolah. Meskipun jangan terlalu sering, cara ini biasanya cukup ampuh supaya anak kembali semangat ke sekolah. Misalnya, bila si Kecil mau ke sekolah tanpa bolos selama seminggu berturut-turut, akhir pekan dia bisa pergi berenang atau jalan-jalan ke tempat favoritnya. Pastikan Mums dan Dads juga menyanggupi janji yang dibuat, ya.

 

Baca juga: Tips Menyiapkan Anak Pergi ke Sekolah Tanpa Drama

 

 

Inilah beberapa tips untuk mengatasi anak yang tidak mau sekolah. Ada tips lain dari Mums dan Dads? Yuk, share di forum Teman Bumil! (AS)

 

 

 

 

Sumber:

Stanford Childrens. When Your Child Refuses to Go to School.

Edu Center. Anak Tidak Mau Sekolah Lakukan Ini.

The Conversation. So Your Child Refuses to Go to School? Here’s How to Respond.

Empowering Parents. Hate School, Can Child Refuses Go School?

 

 

 

Tinggalkan komentar