Vaksin Influenza – GueSehat


Apakah Kamu berencana liburan pada akhir tahun ini, Gengs? Bagi sebagian orang, akhir tahun memang sering kali dijadikan momen untuk berlibur atau bepergian. Namun, sebenarnya pelancong (traveler) memiliki risiko yang tinggi untuk terkena penyakit influenza nih, Gengs. Lalu, kenapa vaksin flu sebelum bepergian penting dilakukan? 

 

Baca juga:  Waspadai Penyakit Flu Saat Musim Pancaroba 

 

 

Alasan Vaksin Influenza Sebelum Bepergian Penting

Saat tubuh dalam kondisi fit, kebanyakan dari kita mengira bahwa kita tidak akan mudah sakit atau terkena flu. Padahal, traveler yang sehat sekalipun juga tetap bisa berisiko tertular atau terkena influenza nih, Gengs. Hal tersebut pun ditegaskan oleh Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD, K-AI, FINASIM. 

 

“Siapapun bisa terkena flu dan merasa tubuh kita dalam kondisi sehat bukan berarti terlindungi. Salah satu alasan influenza menjadi masalah kesehatan global ialah karena galur virus influenza terus bermutasi dan menyebar ke area lainnya, khususnya melalui transportasi udara,” ungkap Prof. dr. Iris dalam acara World Flu Day bersama Sanofi Pasteur pada Senin (25/11), di Jakarta. 

 

Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia itu pun menambahkan, formula vaksin terus disesuaikan dengan galur virus yang dominan beredar. Menurutnya, hal ini agar dapat memberikan perlindungan yang optimal. Oleh karena itu, untuk menghindari penularan penyakit ini, Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, Sp.A(K), Ph.D menyarankan untuk memperhatikan gaya hidup. 

 

“Kita dapat memulai dengan menerapkan gaya hidup sehat sehingga bisa meminimalkan penyebaran virus. Langkah sederhana yang bisa dilakukan seperti membersihkan atau mencuci tangan dan menutup mulut serta hidung saat bersin,” ungkap Prof. dr. Cissy yang juga Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) itu.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Obat untuk Flu? 

 

 

Vaksin Influenza Perlu Diulang Setiap Tahun

Seperti diketahui, influenza merupakan penyakit menular yang umum dan dapat dicegah melalui vaksin. Orang-orang dengan penyakit jantung, diabetes, asma, serta yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri disarankan untuk memperoleh vaksin flu. Vaksin influenza merupakan cara efektif untuk mencegah infeksi virus influenza. 

 

Virus influenza terbagi menjadi tiga, yaitu influenza A, B, dan C. Namun, yang bisa menyebabkan penyakit ialah influenza A dan B. Influenza A memiliki berbagai subtipe yang sering berubah dan subtipe influenza A yang bersirkulasi ialah H1N1 dan H3N2. Sedangkan, subtipe dari influenza B ialah Victoria dan Yamagata. 

 

Vaksin influenza dapat hadir dalam bentuk trivalen dan kuadrivalen. Vaksin influenza trivalen bisa melindungi dua subtipe influenza A dan satu subtipe influenza B. Sementara, vaksin influenza kuadrivalen bisa melindungi dua subtipe influenza A dan B. 

 

Oleh karena itu, Prof. dr. Iris menegaskan untuk mengulang pemberian vaksin flu setiap tahun. “Respon sistem kekebalan tubuh terhadap vaksinasi bisa menurun seiring waktu. Oleh karena itu, vaksin flu harus diulang setiap tahun untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi tubuh,” tutupnya. 

 

Baca juga:  Apa Perbedaan Influenza dan Batuk Pilek Biasa?

Sekarang, Kamu jadi tahu kan kenapa vaksin flu sebelum bepergian penting dilakukan? Jadi, jangan ragu lagi ya Gengs untuk melakukan vaksin flu sebelum bepergian, setidaknya dua minggu sebelum bepergian. Kalau bisa, lakukan vaksinasi influenza setiap tahun ya Gengs!

 

Oh iya, kalau Kamu punya masalah seputar kesehatan atau hal lain yang ingin dikonsultasikan dengan ahli, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Tanya Dokter’ yang tersedia di aplikasi GueSehat khusus Android. Penasaran? Cobain yuk fiturnya sekarang!

 

 

 

Sumber:  

Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD, K-AI, FINASIM dan Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, Sp.A(K), Ph.D dalam acara World Flu Day bersama Sanofi Pasteur pada Senin, 25 November 2019 di Jakarta.

Tinggalkan komentar