Viral #JokowiChallenge, Dokter Ingatkan Tak Semua Orang Selentur Itu



Jakarta – Jagat media sosial sedang ramai dengan #JokowiChallenge. Ini muncul karena banyak masyarakat yang ingin mencoba untuk menirukan posisi kaki Presiden Joko Widodo saat duduk lesehan di undukan Istana beberapa waktu lalu.

Dalam foto yang beredar, kaki Jokowi terlihat menyilang dan menekuk-nekuk. Kondisi tak lazim yang oleh dokter dikaitkan dengan hyperlaxity. Melihat ramainya #JokowiChallenge ini, dr Michael Triangto, SpKO, praktisi kesehatan olahraga, mengingatkan tidak semua orang bisa melakukannya.

“Jika posisi kaki Jokowi dijadikan challenge, saya yakin pasti banyak yang tidak bisa melakukannya. Tapi, bagi yang bisa, coba minta dia menekuk ibu jari tangannya ke arah pergelangannya. Kalau bisa, berarti dia mengalami hyperlaxity,” jelasnya saat dihubungi detikcom, Kamis (24/10).


Menurut dr Michael, hyperlaxity merupakan kondisi saat sendi lebih mudah bergerak daripada rata-rata sendi pada umumnya. Dengan percobaan seperti itu, bisa menunjukkan apakah ia hyperlaxity atau tidak. Bagi yang berhasil melakukan challenge, berarti orang itu istimewa.

“Tapi perlu diingat, Jokowi melakukan posisi itu sambil duduk loh. Ini melibatkan beberapa sendi, seperti engkel, lutut, panggul, dan sendi di tulang belakang,” ujarnya.

“Kalau semua sendi itu mengalami hyperlaxity, pasti bisa dengan mudah melakukannya. Seperti Presiden Jokowi, ia dengan mudah dan santai melakukannya kan. Tapi, itu tidak mudah untuk dilakukan semua orang,” imbuh dr Michele.

dr Michele menyarankan, bagi orang-orang yang memang tidak memiliki hyperlexity untuk tidak melakukan #JokowiChallenge. Walaupun fleksibel, belum tentu bisa menirukannya dengan baik.

Simak Video “Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Tinggalkan komentar