Waktu yang Dibutuhkan untuk Jatuh Cinta


Pernah Kamu mendengar cerita dari seorang teman kalau ia merasa telah jatuh cinta setelah bertemu dengan seseorang dalam beberapa minggu, sedangkan orang lain mungkin butuh waktu lebih dari itu? Sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jatuh cinta menurut ahli? 

 

Waktu Kamu untuk jatuh cinta dengan waktu orang lain untuk jatuh cinta bisa berbeda-beda. Menurut terapis hubungan asal Amerika Serikat, Aimee Hartstein, tidak ada jawaban pasti atas pertanyaan tersebut nih Gengs. “Seseorang bisa jatuh cinta setelah empat minggu atau bahkan setelah delapan minggu bertemu dan berkenalan,” ungkapnya. 

 

Ia menambahkan, perasaan jatuh cinta yang muncul cepat ini bisa berawal dari gairah pada pandangan pertama. “Namun, butuh waktu yang lebih lama dari itu (empat sampai delapan minggu tadi) untuk benar-benar mengenal seseorang, mencari tahu siapa mereka, dan bagaimana bisa mereka saling terhubung satu sama lain,” jelas terapis hubungan asal New York itu. 

 

Saat seseorang menyatakan bahwa ia jatuh cinta dengan Kamu, menurut Aimee, Kamu bisa saja justru tidak merasakan hal yang sama. Bisa juga cinta itu muncul setelah seseorang tersebut mengungkapkan perasaannya. “Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai hal itu. Semua orang berbeda,” tambahnya. 

 

Baca juga: Bahasa Cinta Berbeda dengan Pasangan? Coba Lakukan Ini! 

 

Lalu, Siapa yang Jatuh Cinta Lebih Cepat?

Meski menurut Aimee, setiap orang bisa jatuh cinta pada waktu yang berbeda-beda, namun ada temuan menarik yang menunjukkan siapa saja yang bisa jatuh cinta lebih cepat. Yuk simak satu per satu di bawah ini Gengs!

 

1. Orang yang Berpikir Positif Bisa Jatuh Cinta Lebih Cepat

“Berpikir positif dapat meningkatkan rasa cinta yang dimiliki untuk pasangan karena beberapa alasan. Pertama, Kamu lebih cenderung memperhatikan dan mengharagai sifat dalam diri pasangan yang Kmau cintai daripada mengabaikannya. Kamu pun cenderung lebih terbuka pada pasangan,” ungkap psikolog asal Los Angeles, Yvonne Thomas, Ph.D. 

 

2. Pria Bisa Jatuh Cinta Lebih Cepat daripada Wanita

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Social Psychology, pria jatuh cinta lebih cepat daripada wanita. “Wanita sering kali cenderung menimbang perasaan mereka dan ragu untuk menyatakan perasaan. Sebenarnya pria ingin hubungan yang bermakna. Meski sudah menyatakan perasaan cintanya, namun tak ada yang tahu dapat bertahan berapa lama,” ungkap Rachel Needle, psikolog asal Florida. 

 

Baca juga: Benarkah Kamu Jatuh Cinta? Kenali 8 Tandanya! 

 

Bisakah Membuat Diri Kita untuk Jatuh Cinta?

Jika Kamu ingin benar-benar jatuh cinta, ada penelitian yang pernah mengkaji cara untuk melatih diri atau membuat diri kita jatuh cinta dengan orang lain. Berdasarkan penelitian eksperimen, dua orang saling mengajukan pertanyaan pribadi selama 45 menit dan menatap satu sama lain. 

 

Setelah enam bulan penelitian, pasangan tersebut menikah. Oleh karena itu, kunci dari jatuh cinta ialah saling berbagi dan mendukung satu sama lain. “Jika pasangan saling mengungkapkan dan terbuka mengenai sisi baik dan lemah masing-masing, maka semua akan berjalan dengan baik dan bisa membuat nyaman,” ungkap ahli dari Yale University, Dr. Margaret Clark. 

 

Baca juga: Begini Cara Menghadapi Sahabat yang Putus Cinta!

Jadi, jika Kamu ingin jatuh cinta, semua itu tergantung padamu. Jatuh cinta butuh proses. Jika memang membutuhkan waktu lama untuk jatuh cinta, hal tersebut wajar dan tidak apa-apa karena tidak akan berakhir sia-sia. 

 

Referensi:

Bustle. 2019. How Long Does It Take to Fall in Love? Here’s What It Depends On.

Women’s Health Mag. 2019. Sooo… How Long Does It Really Take to Fall in Love?

Tinggalkan komentar