Wanita Punya Kumis Atau Rambut Dada yang Lebat, Hati-hati Tanda Tak Subur



Jakarta – Pada laki-laki khususnya di masa pubertas ditandai dengan tumbuhnya kumis, jenggot, rambut dada, rambut perut, serta rambut-rambut halus di bagian tubuh lainnya. Namun, bagaimana jika tumbuhnya rambut di bagian tersebut terdapat juga pada wanita?

Dalam kesempatannya, dr Rizka Yurianda, SpOG(K), dari RSPAD Gatot Soebroto menjelaskan, salah satu kriteria Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) yang menghambat kesuburan wanita, ditandai dengan adanya hiperandrogen atau hormon laki-laki yang ada pada wanita.

“Tumbuh rambut yang umumnya tidak ada pada wanita misalnya di badan, seperti di dada, di perut, kan kalau perempuan nggak boleh ada rambut di daerah situ,” ujar dr Rizka Yurianda Sp.OG(K), saat ditemui di Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).

Meski begitu, dr Rizka menambahkan bahwa SOPK bukan merupakan penyakit seumur hidup yang menetap seperti hipertensi dan diabetes. SOPK yang menghambat kesuburan wanita ini dapat sembuh jika menjalani pola hidup sehat dan menghindari makanan dengan karbohidrat tinggi.

“Malas olahraga, nggak bergerak, semua kan jajannya goreng-gorengan, tepung-tepungan, bakso, pempek. Pokoknya kalau mau menghindari SOPK asupan harus dibatasi, kalau asupan tidak dibatasi berarti harus ada konsekuensi masukan gula itu harus dibakar supaya tidak tertumpuk di darah,” pungkas dr Rizka.

Simak Video “Sering Diremehkan, Gondongan Bisa Berakibat Mandul pada Pria
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)

Tinggalkan komentar